Senin, 23 November 2009

NAGARI KAMBANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Secara geografis Kanagarian Kambang terletak pada ketinggian 1-25 m dari permukaan laut, dengan suhu udara rata-rata 36’C, yang berbatas; Sebelah Utara Nagari Ampiang Parak, Sebelah Selatan Nagari Lakitan, Sebelah Barat Samudera Indonesia, Sebelah Timur Kab.Solok Selatan.
Secara geografis Nagari, Nagari Kambang memiliki potensi-potensi SDA yang sangat tinggi yaitu pantai sebagai tempat pariwisata, laut sebagai potensi perikanan dan hutan yang mempunyai karakteristik tersendiri. Luas pantai Nagari Kambang adalah; 750 Ha, Dengan bentang lahan dataran 3.201 Ha dan perbukitan 1.720 Ha, yang mempunyai tingkat kesuburan 1.703 Ha-sangat subur, 2.554 Ha-subur, 601-Ha sedang dan sementara lahan tidak subur/kritis 817 Ha. Yang mempunyai lahan terlantar 933 Ha dan Lahan Gambut 1.419 Ha.
Berdasarkan statistik pada bulan Mei tahun 2006, Pemerintahan Nagari Kambang mencatat bahwa jumlah penduduk Nagari Kambang secara menyeluruh adalah 30.966 jiwa dengan luas wilayah 5675 Ha, yang terbagai dalam 14.274 laki-laki dan 16.692 jiwa Perempuan.
Nagari Kambang adalah sebuah nagari yang berada di kaki bukit barisan yang terkenal dengan hutan yang masih jarang dijamah oleh manusia. Melalui proses sejarah yang panjang masyarakat nagari kambang telah melakukan pengelolaan dan membagi penguasaan pengelolaan hutan berdasarkan suku dan kaum. Hanya desakan kebutuhan ekonomi keluarga masyarakat di Nagari Kambang dalam pemanfaatan hutan sebagai salah satu sumber ekonomi dan harus memenuhi kebutuhan mereka. Dalam pemanfaatan hutan masyarakat nagari melalui penghulu-penghulu mereka telah membagi fungsi dan peruntukannya. Baik hasil hutan kayu maupun hasil hutan non kayu sekaligus berfungsi sebagai daerah serapan air dalam pemanfaatan aliran sungai Batang Kambang, guna mengairi persawahan dan penyandaran bagan-bagan pencari ikan di muara Batang Kambang.

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya